Posted by : Unknown Friday, November 22, 2013


Toru dan Ryota – dua front men pencetus berdirinya OOR

Cikal bakal OOR bermula dari Toru Yamashita a.k.a Toru, sang gitaris. Pada awalnya, ia tergabung dalam grup Hip-Hop Jepang bernama HEADS beranggotakan 4 anak laki-laki seumuran SMP bersama dengan Ryota Kohama – bassis band OOR. Keinginan Toru untuk membentuk band disambut Ryota yang ternyata baru belajar bermain bass pada waktu itu.


Sebuah awal yang unik untuk sebuah band dimana anggotanya ternyata tidak pernah memainkan alat musik sebelumnya. Belum lagi dengan latar belakang kedua front man yang berasal dari genre Hip-Hop. Melangkah ke genre Rock adalah merupakan sebuah keputusan yang cukup berani. Namun, semuanya terbayar karena ternyata hasilnya cukup bagus.


Keluarnya Alexander Onizawa

Alexander Onizawa adalah mantan gitaris OOR. Cowok kelahiran Jepang blasteran AS ini terpaksa keluar dari band karena mengalami kasus pelecehan seksual. Ia didakwa telah "menyentuh" kaki dari siswa sekolah. Kasus ini membuat ia meninggalkan band pada bulan April 2009. Cukup unik memang boys bagaimana hukuman publik dan juga konsekuensi terdakwa pelecehan seksual sangat keras hukumnya di Jepang. Sangat bertolak belakang dengan apa yang biasanya terjadi di AV. Ups!


Kolaborasi
Kualitas OOR sebagai salah satu band papan atas Jepang memang tidak perlu diragukan lagi. Beberapa proyek kolaborasi telah berhasil mereka dapatkan untuk memperluas jangkauan nama OOR di kancah musik dunia.

Sebut saja proyek "Nevermind Tribute" yang merupakan album kompilasi band-band Jepang yang menyanyikan lagu-lagu Nirvana dari album mereka yang paling terkenal, "Nevermind". Selain itu, keunikan suara Taka yang memang sempurna dan mampu melafalkan Bahasa Inggris dengan cukup fasih membuatnya tampil dalam lagu Simple Plan berjudul "Summer Paradise".


Rurouni Kenshin OST

Lagu "The Beginning" dari album ke-5 mereka “Zankyo Reference” menjadi OST film layar lebar Rurouni Kenshin yang diadaptasi dari manga Jepang Samurai X. Sebuah pencapaian yang cukup signifikan mengingat Samurai X adalah merupakan salah satu manga Jepang yang paling terkenal dan sudah mendapatkan apresiasi dari dunia internasional.


Asal nama unik One Ok Rock

Nama “One Ok Rock” sebenarnya tidak mempunyai arti sebagai sebuah band rock dengan kualitas musik yang bagus. Nama ini berasal dari kebiasaan band ini pada saat berlatih yang selalu dimulai pada jam 1 (one o’clock) pada setiap akhir pekan. Karena pada pelafalan Jepang tidak terdapat perbedaan antra “r’s” dengan “l’s” maka mereka mengubah “o’clock” menjadi “o’crock” yang kemudian berubah menjadi “ok rock”. Sangat tidak disangka jika cerita di balik nama ini sangatlah konyol, namun tetap catchy dan menjadi sebuah nama yang unik dan mengena di hati setiap para penggemarnya.

Sumber: Sooperboy

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

- Copyright © StubBrne -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -