Posted by : Unknown Wednesday, September 18, 2013

Ray Dolby meninggal dunia umur 80 tahun di San Fransisco Sabtu (14/9/2013) 

Ray Dolby, pencipta teknologi sound audio dan teknologi untuk meredam suara bising ini telah tutup usia pada umur 80 tahun di San Fransisco Sabtu (14/9). Kebanyakan orang lebih mengenal produknya Dolby Audio daripada sosoknya sendiri.

Dolby meninggal karena penyakit Alzheimer yang dideritanya. Dua bulan yang lalu, ia juga didiagnosa terkena penyakit Leukemia. “Dolby merupakan teman yang baik dan mentor yang visioner," ujar Kevin Yeaman, Presiden dan CEO Dolby Laboratories seperti dilansir foxnews.

Beliau mendirikan Dolby Laboratories pada tahun 1965, sebuah perusahaan yang fokus pada teknologi pengurang reduksi desis audio (audio noise reduction) serta kompresi audio. Perusahaan ini maju dan berkembang menjadi pemimpin dalam industri teknologi audio dengan berhasil menghilangkan desis di suara latar belakang dalam rekaman tape dan kemudian meluncurkan konsep surround sound.


Film pertama dengan teknologi audio Dolby adalah A Clockwork Orange (1971) karya Stanley Kubrick. Hingga sampai saat ini, teknologi Dolby hampir diterapkan di seluruh bioskop di dunia. Sepanjang karirnya, ia telah memenangkan 10 Piala Oscar and 13 Emmy Award untuk penemuannya tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

- Copyright © StubBrne -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -